Saturday, February 2, 2008

Pasarkan Produk via Internet

Secara teknis ada dua cara yang dapat kita gunakan untuk memasarkan produk kita melalui internet. Yang pertama, kita dapat menawarkan produk kita melalui situs-situs "makelar" yang memang menyediakan space bagi orang-orang yang ingin menawarkan suatu produk atau jasa. Contohnya seperti situs E-Bay atau Alibaba.com. Cara ini cocok apabila kita cenderung menjual produk yang generik (tidak unik), disposal market (barang-barang bekas pakai), atau produk yang sifatnya komoditi.

Kemudian cara yang kedua adalah membuat home page produk kita sendiri, misalnya: www.kulitjogja.com. Untuk membuat sebuah homepage yang representatif memang membutuhkan biaya yang cukup besar, namun pilihan ini memiliki keunggulan dari sisi branding. Dengan memiliki homepage, kita dimungkinkan untuk mengeksplorasi merek dan value dari produk yang kita miliki. Saat ini ada alternatif yang lebih murah apabila kita ingin memiliki homepage, yaitu kita bisa memanfaatkan jasa situs blog gratis yang banyak terdapat pada saat ini, seperti Blogger.com atau Multiply.com.

Selanjutnya, apabila bisnis Anda sudah memiliki relasi yang memiliki alamat e-mail, upaya aktivitas relation maintaining dapat dilakukan dengan mengirimkan email secara berkala mengenai perkembangan produk-produk yang kita miliki.

Nah, sekarang Anda perlu sedikit mereview, faktor apa yang menyebabkan Anda memilih memasarkan produk lewat internet? karena cara ini, seperti juga cara pemasaran yang lain memiliki kekurangan dan kelebihan. Untuk produk kerajinan seperti yang Anda pasarkan, media internet sangat potensial untuk mendapatkan pesanan dari luar daerah, manca negara atau ekspor. Namun pada sisi yang lain, medium ini masih belum terlalu populer bagi mayoritas masyarakat kita. Sedangkan dari sisi security of transaction, sebaiknya Anda juga mengikuti pelatihan-pelatihan atau workshop yang khusus membahas metode pembayaran online, karena perkembangan teknologi dan prosedur pembayaran melalui medium ini memerlukan perlakuan yang cukup spesifik.

Selain internet, media yang efektif untuk usaha kerajinan seperti milik Anda ini memang lebih membutuhkan direct selling. Namun apabila Anda memiliki kesempatan, akan cukup membantu apabila anda diliput oleh media-media cetak yang memiliki segmentasi traveling dan handicraft, seperti Garuda Inflight Magazine. Strategi-strategi alternatif ini sangat diperlukan, terutama mengingat beriklan di media massa memerlukan budget yang cukup besar dan hanya akan ditayangkan dalam jangka waktu tertentu.

Team BMI Research Jakarta

No comments: