Monday, July 23, 2007

Credit Suisse Danai Tol Pejagan-Semarang

Jakarta, Kompas - Credit Suisse Bank, lembaga perbankan yang berkantor pusat di Zurich, Swiss, mendanai pembangunan ruas Tol Pejagan-Semarang dengan panjang total 166 kilometer.

Dana yang dikucurkan seluruhnya sebesar 720 juta dollar AS atau sekitar Rp 6,5 triliun.

Sesuai Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol yang ditandatangani 21 Juli 2006, ruas Tol Pejagan-Semarang terbagi tiga ruas, yakni Pejagan-Pemalang (56 km), Pemalang-Batang (35 km), dan Batang-Semarang (75 km).

Namun, dalam penandatanganan perjanjian kredit atau financial closing ini, pembiayaan tiga ruas jalan tol itu disatukan.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Hisnu Pawenang, yang sejak Jumat lalu berada di Kuala Lumpur, Malaysia, ketika dihubungi Minggu (22/7), membenarkan telah terjadi financial closing untuk ruas Tol Pejagan-Semarang.

Sebelum berangkat Jumat (20 Juli), Hisnu pernah berpesan, financial closing akan berlangsung di Hotel Four Seasons Jakarta pukul 18.00, tetapi setelah sejumlah media datang ternyata tidak ada agenda penandatanganan kredit apa pun di hotel tersebut.

Kepastian adanya financial closing baru diketahui media, Sabtu (21/7), setelah manajemen tiga ruas tol yakni PT Pejagan-Pemalang Tol Road, PT Pemalang-Batang Tol Road, dan PT Marga Setiapuritama, mengirimkan siaran pers.

Terkesan tertutup

Dari 10 financial closing yang ditandatangani sejak 2005 hingga Juli 2007 ini, memang baru financial closing Tol Pejagan-Semarang, yang terkesan tertutup.

"Financial closing itu tidak tertutup, tetapi memang baru ditandatangani Sabtu (21/7) pukul 00.00," kata Hisnu.

Sebagai catatan, financial closing ini terjadi satu hari sebelum batas waktu untuk pencarian pembiayaan dari perbankan berakhir. Bila batas waktu ini terlampaui, Menteri Pekerjaan Umum akan memutus hak atas pengelolaan jalan tol.

Pendanaan Tol Pejagan-Semarang, antara lain untuk PT Pejagan-Pemalang Tol Road sebesar 264 juta dollar AS atau sekitar Rp 2,38 triliun.

Adapun untuk PT Pemalang-Batang Tol Road sebesar 182 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,64 triliun, dan PT Marga Setiapuritama mendapat 274 juta dollar AS atau sekitar Rp 2,57 triliun.

"Penandatanganan kredit ini merupakan momentum baik untuk meneruskan proyek tol trans-Jawa, sehingga ruas Tol Merak-Surabaya, dapat diselesaikan akhir tahun 2009," kata Govindhasamy, manajemen dari PT Pejagan-Pemalang Tol Road dan PT Pemalang-Batang Tol-Road.

Dengan financial closing untuk ruas Tol Pejagan-Semarang ini, berarti seluruh ruas tol dari Jakarta hingga Solo sepanjang 506 km, telah mendapatkan komitmen pembiayaan dari bank.

Tiga ruas tol yang dibangun sepanjang 108,8 km dari 506 km tol antara Jakarta-Solo, adalah Tol Jakarta-Cikampek (72,50 km), Palimanan-Kanci (28,80 km), dan Semarang Seksi A (7,50 km), yang ketiganya dioperasikan oleh PT Jasa Marga.

Untuk tol trans Jawa dari Solo hingga Surabaya, terganjal ketiadaan peminat ketika dilakukan tender untuk ruas Tol Solo-Ngawi-Kertosono sepanjang 177,12 km.

Adapun ruas Tol Kertosono-Mojokerto, dan Mojokerto-Surabaya, telah mendapat komitmen pembiayaan dari perbankan. (RYO)

No comments: