Saturday, October 6, 2007

Survei Bisnis
Informasi Internet Makin Dipercaya

Jakarta, Kompas - Kepercayaan pelaku usaha di Asia Pasifik terhadap media internet sebagai sumber berita dan informasi bisnis meningkat hampir 300 persen dalam setahun terakhir ini. Internet menduduki peringkat kedua setelah surat kabar, menggeser posisi yang sebelumnya ditempati televisi.

Temuan tersebut merupakan hasil penelitian Edelman Asia Pacific yang dilakukan terhadap pebisnis di Jepang, Korea, China, Hongkong, Taiwan, India, Malaysia, Singapura, Indonesia, dan Australia. Presiden Edelman Asia Pacific Alan VanderMolen mempresentasikan hasil penelitian itu di Jakarta, Jumat (28/9).

Dijelaskan Alan, kepercayaan dan penggunaan media internet di kalangan pebisnis meningkat pesat karena media cetak prestisius juga memublikasikan informasi di media mereka secara on line. "Jadi, peningkatan memang tidak terjadi semata-mata karena kinerja internet itu sendiri, melainkan didorong oleh tren media cetak yang juga terbit on line," kata Alan.

Penelitian Edelman menunjukkan, tingkat kepercayaan pebisnis pada media internet melonjak dari 13 persen pada tahun 2006 menjadi 30 persen pada tahun 2007.

Di sisi lain, rujukan terhadap informasi bisnis di televisi berkurang dari 31 persen pada 2006 menjadi 25 persen tahun ini. Rujukan pada surat kabar naik dari 40 persen menjadi 43 persen.

Anjloknya kepercayaan pada televisi dikarenakan penurunan kualitas berita. "Untuk merebut iklan, televisi kerap mencampurkan hiburan dengan berita. Akibatnya, justru terjadi penurunan kualitas," ungkap Alan. (DAY)

No comments: