Friday, August 24, 2007

aksi korporasi

Mitsubishi Menjadi Pemilik Tak Langsung MedcoEnergi

Jakarta, Kompas - Mitsubishi Corporation Jepang secara tidak langsung turut memiliki saham perusahaan perminyakan dan gas MedcoEnergi International.

MedcoEnergi, Kamis (23/8), mengumumkan, penyertaan itu dilakukan dengan membentuk perusahaan baru, yaitu Encore Energy. Mitsubishi menanamkan modalnya sebesar 352 juta dollar AS untuk mendapatkan 39,4 persen saham Encore Energy.

Encore Energy akan memiliki secara langsung 50,7 persen saham MedcoEnergi. Sisanya dimiliki Treasury Shares 6,7 persen dan publik 42,6 persen.

Dengan komposisi tersebut, secara langsung, kepemilikan Encore di MedcoEnergi sebesar 30,721 persen dan kepemilikan Mitsubishi 19,974 persen. Akan tetapi, Encore tetap menjadi pemegang saham tidak langsung dan pengendali MedcoEnergi.

"Saya senang kami dapat membentuk kerja sama dengan salah satu perusahaan publik terbesar Jepang. Saya juga yakin dengan masuknya Mitsubishi sebagai mitra strategis Encore akan meningkatkan nilai MedcoEnergi ke depan. Investasi ini akan meningkatkan minat investasi di Indonesia, khususnya di MedcoEnergi sebagai perusahaan migas terdaftar di bursa dan terkemuka di Indonesia," kata Direktur Encore Energy Hilmi Panigoro.

"Kami sangat senang menjadi mitra dan akan meneruskan untuk tetap fokus meningkatkan bisnis, baik untuk MedcoEnergi dan untuk Mitsubishi Corporation, tidak hanya di Indonesia tetapi juga bisnis global. Kerja sama ini merupakan langkah yang signifikan untuk kedua perusahaan dan kami berharap kerja sama ini akan berjangka waktu panjang," kata Senior Vice Presiden E&P, Grup Bisnis Energi Mitsubishi, Tetsuro Kuwabara.

Sebelum terjadi penyertaan Mitsubishi, saham MedcoEnergi dikuasai Treasury Shares sebanyak 6,7 persen, Aman dan Densico 50,7 persen, dan publik 42,8 persen. Kepemilikan Aman dan Densico inilah yang dialihkan menjadi Encore Energy sehingga Aman dan Densico hilang dari struktur kepemilikan MedcoEnergi. Encore yang tadinya memiliki Aman dan Densico 100 persen, setelah mendirikan Encore Energi berbagi kepemilikan dengan Mitsubishi. (*/joe)

No comments: